Jl. Dr. Wahidin Raya No.1 Jakarta 10710
134

Kolaborasi dengan Ruangpeduli, Komunita Gelar Webinar Ramadan

April 26, 2022
8:00 AM

Komunitas #UangKita berkolaborasi dengan Ruangpeduli by Ruangguru menyelenggarakan kegiatan webinar  untuk mengedukasi generasi muda tentang pentingnya mengatur keuangan. “Webinar Ramadhan,” menjadi nama yang digunakan, karena kegiatan diselenggarakan special pada bulan Ramadhan 1443H, pada Sabtu, 23 April 2022 pukul 13.00 WIB sampai dengan selesai.

Webinar Ramadhan ini, mengusung tema “Manajemen Finansial ala Millenials.” Dengan menghadirkan Head Section of Debt Market Development, DJJPR Kemenkeu, Ajik Purnomoputro. Bersama dua narasumber lainnya dari Ruangpeduli.

Dalam rangkaian kegiatan ini, tentunya diisi dengan beberapa materi tentang bagaimana caranya untuk selalu bijak dalam mengatur keuangan, mengerti akan strategi investasi, tahu tentang piramida keuangan yang menjadi tumpuan dalam menentukan apa yang seharusnya jadi prioritas untuk mengatur keuangan, dan juga mengenali beberapa risiko yang kemungkinan dapat terjadi saat berinvestasi.

Fenomena FOMO (fear of missing out) atau fenomena ikut-ikutan karena takut ketinggalan zaman di kalangan anak muda, jelas menjadi momok yang paling di khawatirkan. Ketika istilah crazy rich muncul dengan menjadi trader binary option, pada saat itu pula generasi muda berbondong-bondong melakukan trading tanpa mendalami dan memahami apa yang mereka lakukan. Karena yang paling penting bagi mereka adalah bagaimana caranya merubah keadaan dirinya menjadi kaya raya. Fenomena tersebut tentu menarik perhatian para financial planner yang sangat menyayangkan hal tersebut bisa terjadi.

Maka dari itu, generasi muda sangat perlu mengerti dasar dan paham bagaimana caranya mengatur cash flow dan mengatur keuangannya dengan sebijak mungkin. Ketika kita sudah mampu mengatur keuangan pribadi, maka yang akan terus diingat adalah salah satu kalimat nyentrik yang disampaikan oleh Ajik Purnomoputro yaitu “Orang tua bukan dana darurat, anak bukan dana pensiun, teman bukan paylater!.” Kalimat tersebut menyadarkan bahwa betapa pentingnya manajemen keuangan yang baik dan benar agar kalimat di atas tidak terjadi kepada siapa pun.

Tidak hanya pemaparan materi edukasi finansial, acara juga dibubuhi sesi tanya jawab yang tak kalah menarik sebagai bahan pembahasan. Kemudian, diakhir sesi Webinar Ramadhan pihak Ruangpeduli memperkenalkan sebuah Campaign yang sedang berlangsung untuk membantu pendidikan masyarakat Indonesia yang masih merasakan adanya kesenjangan sosial. Para peserta diajak untuk ikut andil dengan cara memberikan donasi atau meramaikan hastag #berbagidampak di media sosial. Dengan hastag #berbagidampak diharapkan akan menjadi salah satu bentuk manifestasi dalam usaha memperbaiki kualitas pendidikan di Indonesia.

#WebinarRamadhan #KomunitaKemenkeu #ManajemenFinansial #perencanaankeuangan

More
Kementerian Keuangan kembali menyelenggarakan Road to Ministry of Finance Festival (Mofest) di tahun ini dengan tema Master Your Future. Acara ini diselenggarakan pada Kamis, 31 Maret 2022 secara hybrid yaitu offline dan online. Kegiatan offline diselenggarakan di Harris Hotel & Conventions Festival Citylink Bandung. Kemudian untuk kegiatan online diselenggarakan melalui platform zoom.
April 8, 2022
Pada pertemuan pertama (9 Februari 2022), diawali dengan Kelas Komunita 1 yang membahas mengenai Money Mindset. Pada sesi ini para peserta mempelajari bagaimana konsep perencanaan keuangan, menumbuhkan financial awareness dengan financial check up, dan 4 fondasi keuangan dalam mengelola keuangan.
April 8, 2022
Komunita merupakan awal dari sebuah perjalanan bersama dimana kita saling peduli melalui bagaimana keuangan negara harus dikelola. Perbedaan yang beragam dari anggota Komunita dapat menyatukan kita dengan saling melengkapi dan saling berkomunikasi sehingga Indonesia akan baik-baik saja dan jauh lebih baik. Indonesia is gonna be fine, even better.
December 7, 2021
Salah satu alasan mengapa sebagai generasi muda harus mempersiapkan masa depan dari sekarang adalah perubahan dunia yang amat sangat cepat, dalam hal ini tentunya kita sebagai generasi muda harus mampu menyesuaikan diri dengan hal tersebut.
December 7, 2021
Puteri Indonesia Lingkungan 2020 memiliki gerakan dalam upaya menanggulangi permasalahan sosial yang ada di Indonesia. Salah satunya adalah komunitas Ketimbang Ngemis. Komunitas ini berperan untuk membantu lansia yang sudah tidak sehat, orang-orang yang dibawah garis kemiskinan dan penyandang disabilitas.
December 7, 2021
Hamish Daud menginisiasi salah satu Reverse Logistic Platform yaitu Octopus.ina, sebuah sistem yang sustainable yang dapat membersihkan lautan, alam dan dapat meningkatkan ekonomi juga dapat membantu membuat sistem untuk pemulung dan pengelolaan sampah
December 7, 2021
Menurut Cinta Laura Kiehl pendidikan memberikan kesempatan untuk berpikir secara kritis dari berbagai macam sudut pandang, wawasan yang luas, serta memberikan manfaat bagi orang lain.
December 7, 2021
Bantu tingkatkan inklusi dan literasi keuangan masyarakat, Ajaib melakukan berbagai terobosan seperti bekerja sama dengan regulator dan memberikan edukasi kepada masyarakat. Mmenggandeng Bursa Efek Indonesia, Ajaib telah mengadakan lebih dari 100 kelas pelatihan dan sosialisasi
December 7, 2021
Wakil Menteri Keuangan, Suahasil Nazara, meyakini bahwa pendapatan per kapita Indonesia 25 tahun mendatang akan naik hingga lima kali lipat. Prediksi ini disampaikan dengan melihat data pertumbuhan domestik bruto (PDB) pada 20 tahun terakhir.
September 22, 2021