Jl. Dr. Wahidin Raya No.1 Jakarta 10710
134

Ini Cara Hamish Ajak Anak Muda Untuk Peduli Lingkungan

December 7, 2021
2:30 PM

Isu lingkungan menjadi perhatian dunia belakangan ini. Dalam salah satu sesi talkshow-nya, pada Kamis (18/11), Ministry of Finance Festival 2021 (Mofest 2021) ikut membahas seputar gerakan pengelolaan sampah yang diinisiasi Octopus.ina serta dukungan pemerintah dalam menanggulangi pengelolaan sampah plastik, dengan tajuk “Mofest Talk: How Environmental Sustainability Impact The Economy”.

Octopus.ina merupakan Reverse Logistic Platform untuk produk Post-Consumer. Gerakan ini diinisiasi oleh Hamish Daud, seorang aktor yang juga Head of Marketing and Sustainability di platform Octopus.ina. 

Hamish melihat perubahan dalam 30 tahun belakangan ini, kondisi laut sudah sangat berbeda, terumbu karang sudah berubah, populasi ikan menurun, dan polusi udara meningkat.

“Alam, lingkungan, lautan sudah memberikan banyak hal ke kita dan aku ingin kasih lihat ke anakku apa yang aku lihat, tapi aku hanya bisa membantu saja,” ucapnya.

Dari situ Hamish termotivasi ingin membuat formula dan sistem yang sustainable yang dapat membersihkan lautan dan alam, sekaligus membantu mendorong ekonomi dengan merancang ulang sistem pembuangan sampah. Melalui Octopus.ina, Hamish membantu menata kembali sistem circular economy untuk pemulung dan pengelolaan (reuse dan recycle) sampah tanpa harus ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA). 

“Di Octopus.ina pemulung diberikan training, seragam, handphone, BPJS dan mengubah nama panggilan “pemulung” menjadi “pelestari”. Pendapatan mulai November lalu pelestari berhasil mendapat penghasilan sampai 10,4 juta dalam satu bulan. Saat ini sudah ada 9.600 pelestari di Makassar, Bali, dan Bandung.” jelas Hamish.

Pemerintah juga tidak tinggal diam dalam persoalan sampah plastik. Terkait penggunaan plastik, pemerintah mengeluarkan Peraturan Presiden No.83 tentang Sampah Laut yang diantaranya kebijakan EPR (extended producer responsibility) yang memberikan tanggung jawab ke produsen dengan 3 prinsip: reuse, reduce, and recycle, kebijakan Waste to energy project dimana sampah bisa menjadi energi melalui Pengolah Sampah Energi Listrik, serta dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu) sendiri yakni kebijakan Pengenaan Cukai Plastik pada produk plastik sekali pakai.

Fardhani Hamiputri Akhsan dari Direktorat Jenderal Bea dan Cukai menjelaskan, “Penerimaan cukai plastik ini akan dialokasikan sebagai pendanaan penanganan dampak lingkungan dan sebagai support inovasi produk-produk ramah lingkungan. Jadi, cukai plastik yang dipungut dari masyarakat akan dikembalikan lagi ke (untuk) masyarakat.” ungkapnya.

More
Komunita merupakan awal dari sebuah perjalanan bersama dimana kita saling peduli melalui bagaimana keuangan negara harus dikelola. Perbedaan yang beragam dari anggota Komunita dapat menyatukan kita dengan saling melengkapi dan saling berkomunikasi sehingga Indonesia akan baik-baik saja dan jauh lebih baik. Indonesia is gonna be fine, even better.
December 7, 2021
Salah satu alasan mengapa sebagai generasi muda harus mempersiapkan masa depan dari sekarang adalah perubahan dunia yang amat sangat cepat, dalam hal ini tentunya kita sebagai generasi muda harus mampu menyesuaikan diri dengan hal tersebut.
December 7, 2021
Puteri Indonesia Lingkungan 2020 memiliki gerakan dalam upaya menanggulangi permasalahan sosial yang ada di Indonesia. Salah satunya adalah komunitas Ketimbang Ngemis. Komunitas ini berperan untuk membantu lansia yang sudah tidak sehat, orang-orang yang dibawah garis kemiskinan dan penyandang disabilitas.
December 7, 2021
Menurut Cinta Laura Kiehl pendidikan memberikan kesempatan untuk berpikir secara kritis dari berbagai macam sudut pandang, wawasan yang luas, serta memberikan manfaat bagi orang lain.
December 7, 2021
Bantu tingkatkan inklusi dan literasi keuangan masyarakat, Ajaib melakukan berbagai terobosan seperti bekerja sama dengan regulator dan memberikan edukasi kepada masyarakat. Mmenggandeng Bursa Efek Indonesia, Ajaib telah mengadakan lebih dari 100 kelas pelatihan dan sosialisasi
December 7, 2021
Wakil Menteri Keuangan, Suahasil Nazara, meyakini bahwa pendapatan per kapita Indonesia 25 tahun mendatang akan naik hingga lima kali lipat. Prediksi ini disampaikan dengan melihat data pertumbuhan domestik bruto (PDB) pada 20 tahun terakhir.
September 22, 2021
Pemerintah kembali memperpanjang diskon pajak atau Pajak Penjualan Barang Mewah Ditanggung Pemerintah untuk kendaraan bermotor sampai akhir tahun 2021.
September 22, 2021
Wakil Menteri Keuangan, Suahasil Nazara, menjelaskan terdapat empat belanja prioritas di bidang kesehatan yang dilakukan pemerintah dalam kondisi pandemi Covid-19, yakni infrastruktur, tenaga kesehatan, dukungan kesehatan, dan vaksin. Untuk menopang keempat belanja tersebut, diperlukan sinergi yang kuat antara pemerintah pusat dan daerah
September 22, 2021
Pemerintah meluncurkan pendanaan inovatif berupa dana bersama atau Pooling Fund Bencana (PFB), yaitu upaya Pemerintah dalam mewujudkan komitmen untuk memperkuat ketahanan fiskal dalam menanggulangi dampak bencana alam dan non-alam.
August 24, 2021