Jl. Dr. Wahidin Raya No.1 Jakarta 10710
134

Pendidikan Adalah Investasi Penting Untuk Masa Depan

December 7, 2021
2:30 PM

Cinta Laura menjadi salah satu pembicara dalam Ministry of Finance Festival 2021 (Mofest 2021) pada Kamis (18/11) dalam sesi talkshow “Mofest Talk: "Education: The Most Powerful Investment" bersama dengan Pilar Wirotama pembicara dari Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan (BPPK) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mengulas bagaimana pendidikan menjadi pondasi yang penting dalam bermasyarakat.

Beberapa tahun belakangan Cinta aktif menggaungkan pentingnya pendidikan bagi masyarakat. Cinta memaparkan pendidikan memberikan kesempatan untuk berpikir secara kritis dari berbagai macam sudut pandang, wawasan yang luas, serta memberikan manfaat bagi orang lain.

“Pendidikan akan sangat membantu kita untuk beradaptasi lebih cepat karena di dalam pendidikan kita akan banyak berkomunikasi dengan orang lain yang tentunya memiliki berbagai macam latar belakang, sehingga kita mendapatkan ilmu dimana saja.” ungkap Cinta.

Fasilitas sekolah yang kurang layak dan guru dengan gaji yang kurang layak dan tidak tepat waktu masih kerap ditemukan. Mengetahui hal ini, Cinta tergerak untuk mendirikan yayasan Soekarseno yang sekarang telah membantu 4000 anak-anak untuk mendapatkan fasilitas sekolah yang sangat layak dan gratis serta guru dengan gaji yang layak dan tepat waktu.

“Sekolah-sekolah yang kondisinya tidak layak seperti bangunan yang ingin runtuh, kurikulum lama, dan tidak memiliki furniture sehingga anak-anak belajar di lantai, ini sangat tidak bagus untuk tumbuh dan kembang anak-anak sekolah.” jelas Cinta.

Lima belas tahun terakhir, aktris dan penyanyi sekaligus Founder Soekarseno Foundation dan PUELLA.ID ini telah aktif membangun kembali 10 sekolah dan membangun 1 SMP agar dapat membantu anak-anak yang memiliki kendala untuk pergi ke desa/kota terdekat sehingga dapat melanjutkan kembali pendidikannya. 

Berdasarkan pengalamannya menempuh pendidikan S1 hingga S2, Cinta  menyatakan, “It comes to show, apapun social-economic background kalian. Kalo kalian punya kemauan untuk bekerja keras, it’s possible to be the person you want to be. That’s very much possible to be successful, never give up on your dream hanya karena circumstance di sekeliling kalian.” pungkasnya.

Keprihatinan Cinta juga tertuju pada education gap yang terjadi selama pandemi Covid-19, yakni metode pembelajaran secara daring atau online. Cinta melihat adanya permasalahan keterbatasan infrastruktur koneksi internet yang masih tidak menjangkau desa-desa, serta tidak siapnya para siswa dan orang tua menjalankan metode pembelajaran daring. Keterlibatan orang tua dalam proses belajar-mengajar anak-anaknya hingga masalah utama siswa adalah kurangnya motivasi untuk belajar melalui layar laptop/gadget. Cinta memberikan saran dimana para guru diminta untuk melakukan home visit untuk mem-follow up keadaan siswanya. 

Cinta menutup sesi talkshow dan menyampaikan bahwa benar pendidikan merupakan investasi masa depan yang powerful

“Pendidikan merupakan investasi yang sangat powerful karena pendidikan ini merupakan alat yang paling efektif dalam membangun cara berpikir kita. Kemudian, pendidikan ini juga membuat kita lebih percaya diri dan lebih berani menyuarakan apa yang kita anggap benar.” tegasnya.

Cinta mengingatkan jangan sampai pendidikan ini menjadi ajang gengsi, dimana orang tidak ingin melanjutkan pendidikan jika tidak di institusi pendidikan yang ternama dan bergengsi.

It’s not about the prestige, it’s about how you use it, tidak peduli dimanapun kita menuntut ilmu, pada akhirnya tugas kita adalah berpikir bagaimana caranya pelajaran yang sudah kita pelajari itu bisa kita implementasikan agar dapat bermanfaat dan menginspirasi banyak orang.” jelasnya.

More
Komunita merupakan awal dari sebuah perjalanan bersama dimana kita saling peduli melalui bagaimana keuangan negara harus dikelola. Perbedaan yang beragam dari anggota Komunita dapat menyatukan kita dengan saling melengkapi dan saling berkomunikasi sehingga Indonesia akan baik-baik saja dan jauh lebih baik. Indonesia is gonna be fine, even better.
December 7, 2021
Salah satu alasan mengapa sebagai generasi muda harus mempersiapkan masa depan dari sekarang adalah perubahan dunia yang amat sangat cepat, dalam hal ini tentunya kita sebagai generasi muda harus mampu menyesuaikan diri dengan hal tersebut.
December 7, 2021
Puteri Indonesia Lingkungan 2020 memiliki gerakan dalam upaya menanggulangi permasalahan sosial yang ada di Indonesia. Salah satunya adalah komunitas Ketimbang Ngemis. Komunitas ini berperan untuk membantu lansia yang sudah tidak sehat, orang-orang yang dibawah garis kemiskinan dan penyandang disabilitas.
December 7, 2021
Hamish Daud menginisiasi salah satu Reverse Logistic Platform yaitu Octopus.ina, sebuah sistem yang sustainable yang dapat membersihkan lautan, alam dan dapat meningkatkan ekonomi juga dapat membantu membuat sistem untuk pemulung dan pengelolaan sampah
December 7, 2021
Bantu tingkatkan inklusi dan literasi keuangan masyarakat, Ajaib melakukan berbagai terobosan seperti bekerja sama dengan regulator dan memberikan edukasi kepada masyarakat. Mmenggandeng Bursa Efek Indonesia, Ajaib telah mengadakan lebih dari 100 kelas pelatihan dan sosialisasi
December 7, 2021
Wakil Menteri Keuangan, Suahasil Nazara, meyakini bahwa pendapatan per kapita Indonesia 25 tahun mendatang akan naik hingga lima kali lipat. Prediksi ini disampaikan dengan melihat data pertumbuhan domestik bruto (PDB) pada 20 tahun terakhir.
September 22, 2021
Pemerintah kembali memperpanjang diskon pajak atau Pajak Penjualan Barang Mewah Ditanggung Pemerintah untuk kendaraan bermotor sampai akhir tahun 2021.
September 22, 2021
Wakil Menteri Keuangan, Suahasil Nazara, menjelaskan terdapat empat belanja prioritas di bidang kesehatan yang dilakukan pemerintah dalam kondisi pandemi Covid-19, yakni infrastruktur, tenaga kesehatan, dukungan kesehatan, dan vaksin. Untuk menopang keempat belanja tersebut, diperlukan sinergi yang kuat antara pemerintah pusat dan daerah
September 22, 2021
Pemerintah meluncurkan pendanaan inovatif berupa dana bersama atau Pooling Fund Bencana (PFB), yaitu upaya Pemerintah dalam mewujudkan komitmen untuk memperkuat ketahanan fiskal dalam menanggulangi dampak bencana alam dan non-alam.
August 24, 2021