Jl. Dr. Wahidin Raya No.1 Jakarta 10710
134

Komunita Adalah Bentuk Kepedulian Generasi Muda Kepada Bangsa

December 7, 2021
2:30 PM

Komunitas #UangKita (Komunita) merupakan sebuah gerakan yang memiliki tujuan untuk memahami pengelolaan keuangan negara, #UangKita. Bagaimana bangsa Indonesia mengumpulkan dana yang ditampung dalam pendapatan negara yang digunakan untuk berbagai kebutuhan negara seperti pendidikan, kesehatan, dan membantu masyarakat miskin, menyekolahkan anak-anak dan semua kegiatan yang membutuhkan anggaran dan biaya. Indonesia juga melakukan investasi sumber daya, seperti memberikan beasiswa untuk anak muda bangsa. Jadi, #UangKita adalah sarana untuk mencapai tujuan kita menjadi sebuah bangsa. 

“Manusia dilahirkan memiliki sebuah tujuan, begitupun sebuah bangsa. Tujuan Indonesia adalah menciptakan masyarakat adil dan makmur, menciptakan bangsa yang bermartabat yang ikut ketertiban dunia dan menciptakan kesejahteraan sosial yang adil. Negara harus berfungsi supaya bangsa Indonesia yang hidup di dalam NKRI ini mempunyai martabat dan terus membangun martabat. Menuju 100 tahun kemerdekaan Indonesia, banyak peristiwa baik dan buruk yang dilalui. Ada peribahasa, sesuatu yang tidak membuat kalian mati itu pasti akan menguatkan kalian. Warna-warni kehidupan ini harus dihadapi dengan sikap terus bertahan dan belajar,” ucap Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati pada acara MOFEST 2021 pada Kamis (18/11) di Aula Dhanapala, Kementerian Keuangan.

Saat ini Indonesia sudah memasuki masa bonus demografi dengan jumlah penduduk usia produktif (16-64 tahun) sebesar 70,72%. Bonus demografi akan berdampak pada percepatan pertumbuhan ekonomi akibat berubahnya struktur unsur penduduk yang ditandai dengan menurunnya rasio ketergantungan (dependency ratio) penduduk non usia kerja kepada penduduk usia kerja.

Kemajuan teknologi, pandemi baru, perubahan iklim merupakan suatu permasalahan di masa depan yang beriringan dengan meningkatnya bonus demografi. Kenaikan jumlah populasi ini menyebabkan peningkatan fasilitas kehidupan masyarakat dan juga dampak dari penggunaan fasilitas tersebut atau yang biasa kita kenal dengan polusi. Tantangan bonus demografi yang meningkat, diiringi dengan isu perubahan iklim dan kemajuan teknologi harus membuat masyarakat siap dengan segala perubahan yang akan terus terjadi. 

“Peran generasi muda yang kreatif dan inovatif sangat diperlukan dalam proses kemajuan bangsa. Generasi muda yang memiliki kepedulian adalah aset negara yang sangat berharga. Terbentuknya Komunita merupakan salah satu bentuk kepedulian para generasi muda yang nantinya akan menjadi jembatan kedepan yang akan memahami bagaimana dunia bekerja,” jelas Menkeu. 

Menkeu juga menjelaskan bahwa generasi muda juga memiliki tugas yang tidak kalah penting, yaitu berkomunikasi. “Berkomunikasi adalah tahapan pertama, komunikasikan ide-ide bersama dengan para generasi muda sehingga estafet akan terus berjalan. Selain itu Komunitas #UangKita merupakan awal dari sebuah perjalanan bersama dimana kita saling peduli melalui bagaimana keuangan negara harus dikelola. Perbedaan yang beragam dari anggota Komunita dapat menyatukan kita dengan saling melengkapi dan saling berkomunikasi sehingga Indonesia akan baik-baik

More
Salah satu alasan mengapa sebagai generasi muda harus mempersiapkan masa depan dari sekarang adalah perubahan dunia yang amat sangat cepat, dalam hal ini tentunya kita sebagai generasi muda harus mampu menyesuaikan diri dengan hal tersebut.
December 7, 2021
Puteri Indonesia Lingkungan 2020 memiliki gerakan dalam upaya menanggulangi permasalahan sosial yang ada di Indonesia. Salah satunya adalah komunitas Ketimbang Ngemis. Komunitas ini berperan untuk membantu lansia yang sudah tidak sehat, orang-orang yang dibawah garis kemiskinan dan penyandang disabilitas.
December 7, 2021
Hamish Daud menginisiasi salah satu Reverse Logistic Platform yaitu Octopus.ina, sebuah sistem yang sustainable yang dapat membersihkan lautan, alam dan dapat meningkatkan ekonomi juga dapat membantu membuat sistem untuk pemulung dan pengelolaan sampah
December 7, 2021
Menurut Cinta Laura Kiehl pendidikan memberikan kesempatan untuk berpikir secara kritis dari berbagai macam sudut pandang, wawasan yang luas, serta memberikan manfaat bagi orang lain.
December 7, 2021
Bantu tingkatkan inklusi dan literasi keuangan masyarakat, Ajaib melakukan berbagai terobosan seperti bekerja sama dengan regulator dan memberikan edukasi kepada masyarakat. Mmenggandeng Bursa Efek Indonesia, Ajaib telah mengadakan lebih dari 100 kelas pelatihan dan sosialisasi
December 7, 2021
Wakil Menteri Keuangan, Suahasil Nazara, meyakini bahwa pendapatan per kapita Indonesia 25 tahun mendatang akan naik hingga lima kali lipat. Prediksi ini disampaikan dengan melihat data pertumbuhan domestik bruto (PDB) pada 20 tahun terakhir.
September 22, 2021
Pemerintah kembali memperpanjang diskon pajak atau Pajak Penjualan Barang Mewah Ditanggung Pemerintah untuk kendaraan bermotor sampai akhir tahun 2021.
September 22, 2021
Wakil Menteri Keuangan, Suahasil Nazara, menjelaskan terdapat empat belanja prioritas di bidang kesehatan yang dilakukan pemerintah dalam kondisi pandemi Covid-19, yakni infrastruktur, tenaga kesehatan, dukungan kesehatan, dan vaksin. Untuk menopang keempat belanja tersebut, diperlukan sinergi yang kuat antara pemerintah pusat dan daerah
September 22, 2021
Pemerintah meluncurkan pendanaan inovatif berupa dana bersama atau Pooling Fund Bencana (PFB), yaitu upaya Pemerintah dalam mewujudkan komitmen untuk memperkuat ketahanan fiskal dalam menanggulangi dampak bencana alam dan non-alam.
August 24, 2021