Jl. Dr. Wahidin Raya No.1 Jakarta 10710
134

Komunita Meet Up Bandung : ASEAN Matters, Epicentrum of Growth

Admin Ungrafik
February 20, 2023
12:00 AM

Untuk mewadahi kolaborasi peran pemerintah dan para generasi muda di Wilayah Bandung dan sekitarnya dalam mewujudkan Visi Indonesia 2045, Komunitas #UangKita Regional Bandung menyelenggarakan Komunita Meet Up dengan tema: ASEAN Matters, Epicentrum of Growth. Tema ini dipilih karena Indonesia tahun ini ditetapkan memegang tongkat estafet Keketuaan ASEAN pada 2023, menggantikan Kamboja. Sebagai salah satu negara pendiri ASEAN dan negara terbesar di ASEAN, Indonesia diharapkan dapat melakukan berbagai terobosan dan inovasi dalam menghadapi berbagai permasalahan dunia yang juga dihadapi kawasan.

Sejalan dengan tema yang diusung pada Komunita Meet Up kali ini, para generasi muda di Bandung dan sekitarnya turut berkontribusi mendorong suksesnya peran Indonesia di kancah Kepemimpinan Global sebagai ASEAN Chairmanship pada tahun 2023 ini. Dengan dukungan dari berbagai stakeholder ini khususnya generasi muda, Indonesia bertekad mengarahkan kerja sama ASEAN 2023 untuk melanjutkan dan memperkuat relevansi ASEAN dalam merespons tantangan kawasan dan global, serta memperkuat posisi ASEAN sebagai pusat pertumbuhan ekonomi kawasan, untuk kemakmuran rakyat ASEAN.

Adapun Komunita Meet Up kali ini diselenggarakan di Gedung Dhanadyaksa Dipati Ukur Bandung. Sebagai informasi gedung ini merupakan salah satu aset kelolaan Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN) dan DJKN Kementerian Keuangan. Dengan inovasi pemanfaatan salah satu aset negara menjadi Creative Hub dan Co Working Space, gedung ini bisa digunakan oleh Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan para pelaku industri kreatif untuk saling berkolaborasi mengembangkan usaha dan kreativitas.

“Anak muda di Bandung dan sekitarnya cukup antusias ikut Komunita Meet Up kali ini. Selain tema yang menarik, acara ini membangun optimisme untuk mewujudkan Indonesia Maju 2045 yang salah satu prasyaratnya adalah kebutuhan Sumber Daya Manusia yang unggul, berkualitas dan berdaya saing, inilah Generasi Emas yang dibutuhkan”, ujar Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Jawa Barat, Heru Pudyo Nugroho, dalam sambutannya.

Heru menambahkan bahwa saat ini 72% dari demografi penduduk Indonesia adalah generasi usia produktif yang berpotensi mengisi 70% angkatan kerja sebagai bagian bonus demografi. Jika generasi muda pengisi angkatan kerja tidak diasah dan diarahkan untuk tujuan baik, maka dapat menjadi suatu hambatan, namun bila kita mampu mengasahnya dan mengarahkannya dengan baik, maka akan menjadi alat atau modal yang luar biasa untuk mendorong lompatan-lompatan peradaban dan kemajuan bangsa Indonesia. Hal ini akan menjadikan “Indonesia Maju 2045” semakin nyata akan terwujud. 

Selanjutnya, Komunitas #UangKita (Komunita) sendiri adalah Komunitas yang beranggotakan para pemuda dengan rentang usia 18-30 tahun bertujuan untuk mengakselerasi terbentuknya ekosistem generasi muda melalui pengembangan karakter dan potensi diri dengan memahami kebijakan pengelolaan keuangan negara atau #UangKita dan berperan sebagai penggerak perubahan menuju masa depan Indonesia Maju 2045.

Saat ini anggota Komunita terus berkembang pesat di berbagai wilayah Indonesia. Jumlah member aktif komunita per 1 Januari 2023 mencapai 3.369 orang dengan komposisi 31% laki-laki dan 69% perempuan pada range usia antara 18 s.d. 25 tahun. Anggota Komunita tersebut tersebar dalam berbagai provinsi di Indonesia, 5 provinsi teratas adalah Jawa Barat, Jawa Timur, DKI Jakarta, Jawa Tengah, dan Sulawesi Utara. Harapan ke depan Komunita sebagai wadah generasi muda dapat berkontribusi dan terus menyelenggarakan kegiatan positif yang bermanfaat bagi masyarakat, terlebih terkait dengan pengelolaan Keuangan Negara. 

Acara ini selain dihadiri oleh Komunita, juga dihadiri oleh Komunitas dari Rumah Kepemimpinan, dan Mata Garuda (LPDP). Total generasi muda Bandung yang hadir dalam acara ini mencapai hampir 150 orang. Selanjutnya sesuai jargon Komunita Meet Up yakni Aku, Kamu, Kita, Mari Bercakap, pada akhir acara dilaksanakan sarasehan antara Komunita bersama dengan para anggota dari Rumah Kepemimpinan, dan Mata Garuda untuk berdiskusi mengenai kolaborasi kedepan dan program konkret yang dapat dilakukan bersama demi Indonesia Maju 2045. Wah jadi ga sabar nunggu hasil kolaborasinya !

 

More
Serah terima Keketuaan ASEAN dari Kamboja ke Indonesia telah dilakukan pada KTT ASEAN ke-42 di Phnom Penh bulan November 2022 lalu. Periode Keketuaan Indonesia di ASEAN sendiri dimulai sejak 1 Januari 2023 dan akan berlangsung selama setahun sampai dengan 31 Desember 2023.
February 5, 2023
Komunita menggelar Komunita Meet Up bertajuk New Year, New Beginning pada Jumat, 20 Januari 2023 yang ditujukan kepada anggota Komunita wilayah Jabodetabek.Kegiatan ini merupakan Komunita Meet Up perdana di tahun 2023, sebagai alas melangkah dan bertumbuh bersama sebagai satu keluarga di Komunita yang berkolaborasi dengan LMAN ( Lembaga Manajemen Aset Negara ) dan PT.SMF (Sarana Multigriya Finansial).
January 25, 2023
Ketertinggalan infrastruktur dan masalah konektivitas menimbulkan tingginya biaya ekonomi menjadi alasan pemerintah melakukan pembiayaan melalui utang. Utang ini nantinya digunakan untuk membiayai belanja infrastruktur, pendidikan, dan kesehatan akan menghasilkan multiplier effect besar untuk generasi saat ini dan mendatang.
January 17, 2023
Kementerian Keuangan mengadakan Apresiasi Media Nagara Dana Rakca 2022 pada hari Jumat, 6 Januari 2023 yang ditujukan bagi para media nasional yang selama ini telah memiliki kerjasama, kolaborasi serta berkontribusi dalam rangka menyampaikan informasi, edukasi, data, dan kebijakan di lingkungan Kementerian Keuangan kepada publik.
January 10, 2023
Komunita mengadakan Kelas Komunita dengan tema How to Become a Good Content Creator in 2023. Kelas ini diadakan selama 2 hari yakni 9 s.d.10 Desember 2022 yang terbagi menjadi 2 sesi. Sesi pertama membahas Steps and Tips to Becoming a Good Storyteller, sedangkan sesi kedua mengangkat topik Teknik Produksi Video yang Menarik Menggunakan Smartphone.
December 13, 2022
Mofest  merupakan Festival kolaboratif Kementerian Keuangan bagi generasi muda dalam mengembangkan karakter dan potensi diri, berdaya saing, berjejaring dan bergerak bersama menuju Indonesia Maju 2045. Mofest adalah platform eksplorasi bagi publik untuk menyampaikan aspirasi dan berkolaborasi dalam pengelolaan APBN atau Uang Kita.
December 1, 2022
Kelas Komunita kembali hadir sebagai ruang untuk Komunitans meningkatkan skill, mengembangkan potensi dan berjejaring lebih luas lagi. Kali ini, Komunita berkolaborasi dengan Hari Senin dan mengusung tema Must Have Skills to Start Your Career. Kelas tersebut membahas skill yang harus dimiliki oleh seorang Fresh Graduate atau First Jobber untuk memulai karier dan diselenggarakan secara online selama 3 hari berturut-turut mulai dari Jumat, 18 November 2022 s/d Minggu, 20 November 2022.
November 23, 2022
Komunita Meet Up ke 8 kembali diselenggarakan, kali ini secara offline loh Komunitans! Mengambil tema Discover Your Contribution in Indonesia G20 Presidency, meet up ini diadakan di M Blocspace, Jakarta Selatan pada Jumat, 4 November 2022 dan merupakan bagian dari kegiatan youth engagement Kementerian Keuangan untuk mengenalkan dan meng-update hasil agenda pembahasan Presidensi G20 kepada para generasi muda
November 7, 2022
Komunita menghadiri kegiatan penanaman pohon bertajuk Sayangi Bumi yang diselenggarakan oleh PT. Sarana Multigriya Finansial Persero pada Kamis, 15 September 2022. Kegiatan ini merupakan salah satu campaign sustainable living yang dilakukan PT. SMF atas instrumen investasi EBA Ritel terbitan mereka yakni satu transaksi sama dengan satu pohon. Sehingga dengan kata lain, berinvestasi di EBA Ritel tidak hanya menguntungkan diri sendiri, tetapi juga berkontribusi bagi paru-paru bumi.
September 21, 2022