Jl. Dr. Wahidin Raya No.1 Jakarta 10710
134

Komunita Meet Up 8 : Discover Your Contribution in Indonesia G20 Presidency

Admin Ungrafik
November 7, 2022
12:00 AM

Komunita Meet Up ke 8 kembali diselenggarakan, kali ini secara offline loh Komunitans! Mengambil tema Discover Your Contribution in Indonesia G20 Presidency, meet up ini diadakan di M Blocspace, Jakarta Selatan pada Jumat, 4 November 2022 dan merupakan bagian dari kegiatan youth engagement Kementerian Keuangan untuk mengenalkan dan meng-update hasil agenda pembahasan Presidensi G20 kepada para generasi muda. Harapannya, acara ini dapat mendorong kontribusi dari para generasi muda terkait peran penting bangsa dan negara Indonesia yang menjadi Presidensi untuk penyelenggaraan forum G20, serta penyelenggaraan forum internasional lainnya di masa depan.

Berdasarkan data sensus dari BPS tahun 2020, penduduk Indonesia saat ini sudah didominasi oleh generasi muda yang terdiri dari generasi milenial, generasi Z, generasi post-Z, serta generasi alpha. Hal ini menunjukkan betapa pentingnya peran generasi muda dalam struktur demografi Indonesia, dan tentunya dalam mendukung berbagai kebijakan untuk percepatan pemulihan ekonomi dan penguatan fundamental ekonomi nasional. 

Dalam acara ini, Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Informasi Kemenkeu Rahayu Puspasari hadir memberikan keynote speech. “Semoga para generasi muda Komunita yang menjadi peserta pada hari ini, dapat turut aktif mengambil perannya masing-masing. Mari kita semua dukung penyelenggaraan Presidensi G20 Indonesia, khususnya menuju puncak penyelenggaraannya pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) 15-16 November 2022 yang akan datang,” ungkapnya. 

Selain itu, ada 3 narasumber yang hadir untuk berbagi cerita mengenai beragam pengalaman yang dapat dipetik dari G20 Indonesia, yaitu Executive Director of Next Policy, Ekonom dan Dosen FEB UI Fithra Faisal Hastiadi, Head of Project Management Office Y20 Indonesia 2022 Angelo Abil Wijaya, dan perwakilan Tim Substansi dan Delegasi Finance Track Presidensi G20 Indonesia BKF Kemenkeu Ariadne Mael Novariani Putri. 

Meet up kali ini menuai banyak apresiasi dan antusiasme dari para peserta hingga akhir acara. Sesi diskusi pun berjalan interaktif dan para peserta sangat antusias untuk tahu lebih dalam tentang kajian dalam pembahasan presidensi G20.  Mereka tidak segan untuk bertanya kepada tiap narasumber dan memberikan pendapatnya terkait peran pemuda dalam menentukan arah masa depan bangsa. Seru banget ya Komunitans! Komunita Meet Up: Aku, Kamu, Kita, Mari Bercakap !

More
Komunita menghadiri kegiatan penanaman pohon bertajuk Sayangi Bumi yang diselenggarakan oleh PT. Sarana Multigriya Finansial Persero pada Kamis, 15 September 2022. Kegiatan ini merupakan salah satu campaign sustainable living yang dilakukan PT. SMF atas instrumen investasi EBA Ritel terbitan mereka yakni satu transaksi sama dengan satu pohon. Sehingga dengan kata lain, berinvestasi di EBA Ritel tidak hanya menguntungkan diri sendiri, tetapi juga berkontribusi bagi paru-paru bumi.
September 21, 2022
Komunita kembali mengadakan Komunita Meet Up yang ke 7 dengan tema Invest for Future, Invest for Better Indonesia. Tema ini diangkat seiring dengan meningkatnya minat dan tren investasi di kalangan anak muda. Fenomena ini dapat menjadi pisau bermata dua karena tidak hanya berdampak positif, namun dapat membawa dampak buruk jika tidak diimbangi dengan literasi keuangan yang cukup.
September 7, 2022
Setelah sukses menggelar kegiatan Road to Ministry of Finance (MOFEST) 2022 di Kota Bandung dan Malang, Kementerian Keuangan (Kemenkeu) kembali menyelenggarakan Road to MOFEST (RTM) yang ketiga dari rencana empat kota penyelenggaran. RTM kali ini berkolaborasi bersama dengan Pemerintah Kabupaten Badung (Pemkab Badung), Bali bertempat di Balai Budaya Giri Nata Mandala. Acara ini bertujuan mewadahi kolaborasi peran pemerintah dan para pemuda dalam mewujudkan Visi Indonesia Emas 2045 dan menghadirkan pembicara dari berbagai latar belakang profesi dan pendidikan mulai dari financial planner, traveler, PT Sarana Multigriya Financial (SMF), hingga PT Geo Dipa Energi (GDE).
August 15, 2022
Mofest  merupakan Festival kolaboratif Kementerian Keuangan bagi generasi muda dalam mengembangkan karakter dan potensi diri, berdaya saing, berjejaring dan bergerak bersama menuju Indonesia Maju 2045. Mofest adalah platform eksplorasi bagi publik untuk menyampaikan aspirasi dan berkolaborasi dalam pengelolaan APBN atau Uang Kita.
August 2, 2022
Komunita Meetup 6 : Equipping the Next Youngpreneur Komunita Meetup Kembali diselenggarakan untuk menyapa seluruh anggota Komunita pada Jumat, 15 Juli 2022 pukul 14.00 s.d. 15.00 WIB. Sesuai dengan komitmen Komunitans untuk selalu mengusung tema baru di setiap bulannya, maka bulan Juli ini adalah milik para Enterpreneur. Tema ini diangkat agar anggota Komunita dapat menumbuhkan minat dan skill untuk menjadi seorang Entrepreneur Maju di Tahun 2045.
July 22, 2022
Road to Mofest Malang merupakan bagian dari rangkaian event pre-heating dalam rangka menuju acara puncak Ministry of Finance Festival 2022. Road to Mofest diadakan khusus bagi para generasi muda dengan tema, Road to Ministry of Finance Festival 2022: Master Your Future. Event ini akan diselenggarakan pada hari Kamis, 23 Juni 2022 bertempat di Universitas Brawijaya, Malang
June 16, 2022
Kelas Komunita kembali diselenggarakan dengan berkolaborasi dengan Haloka (PT.Haloka Group Indonesia). Kelas kali ini mengusung tema yang berbeda, yakni mengenai self development dengan sub tema personal branding dan time management. Kolaborasi workshop bersama Haloka ini diharapkan mampu membentuk para peserta menjadi generasi yang berkualitas, memiliki personal branding yang baik, serta mampu mengelola waktu dengan bijak
May 24, 2022
Dalam rangkaian kegiatan ini, tentunya diisi dengan beberapa materi tentang bagaimana caranya untuk selalu bijak dalam mengatur keuangan, mengerti akan strategi investasi, tahu tentang piramida keuangan yang menjadi tumpuan dalam menentukan apa yang seharusnya jadi prioritas untuk mengatur keuangan, dan juga mengenali beberapa risiko yang kemungkinan dapat terjadi saat berinvestasi.
April 26, 2022
Kementerian Keuangan kembali menyelenggarakan Road to Ministry of Finance Festival (Mofest) di tahun ini dengan tema Master Your Future. Acara ini diselenggarakan pada Kamis, 31 Maret 2022 secara hybrid yaitu offline dan online. Kegiatan offline diselenggarakan di Harris Hotel & Conventions Festival Citylink Bandung. Kemudian untuk kegiatan online diselenggarakan melalui platform zoom.
April 8, 2022