Jl. Dr. Wahidin Raya No.1 Jakarta 10710
134

MOFEST 2022 : Master Your Future

Admin Ungrafik
December 1, 2022
12:00 AM

Untuk mewadahi kolaborasi peran pemerintah dan para pemuda dalam mewujudkan Visi Indonesia 2045, Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menyelenggarakan Ministry of Finance Festival (MOFEST) 2022. MOFEST adalah festival kolaboratif bagi generasi muda dalam mengembangkan karakter dan potensi diri, berinovasi, berdaya saing, berjejaring dan memahami potensi ekonomi Indonesia untuk bergerak bersama menuju Indonesia Maju 2045.

Melihat tantangan kondisi ekonomi global yang semakin dinamis dengan penuh ketidakpastian, cita-cita pemerintah untuk mewujudkan Indonesia Maju 2045 tetap optimistis, melalui alat yang disebut APBN. Hal ini terlihat dari Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Indonesia mencapai 72,91yang terus meningkat dari tahun-tahun sebelumnya. Pemerintah terus mengupayakan kebijakan dan regulasi yangmencakup multiaspek di bidang ekonomi, industri, sosial ketenagakerjaan, lingkungan, dan perdagangan yang mendukung Visi Indonesia 2045.

Namun, tidak kalah penting bagi pemerintah untuk menjalin kolaborasi dengan seluruh elemen masyarakat dalam mewujudkan Visi Indonesia2045, terutama bagi para generasi muda. Para pemuda yang akan berada pada puncak usia produktif mereka, dan berperan penting dalam mewujudkan Indonesia Emas 2045. Pemerintah harus memanfaatkan bonus demografi ini dengan terus mengembangkan SDM berkualitas, meningkatkan produktivitas tenaga kerja, dan mempromosikan gaya hidupsehat.

Sebelumnya telah diselenggarakan Road To MOFEST 2022 dalam rangkaian 3 kota yaitu Bandung, Malang, dan Bali. Kegiatan ini terbuka untuk umum dan ditujukan bagi pelajar, mahasiswa, first-jobber, freelancer ataupun profesi lainnya dengan target peserta generasi muda. Mengusung tema “Master Your Future” atau “Taklukkan Masa Depanmu”, rangkaian kegiatan MOFEST 2022 diharapkan dapat memicu para generasi muda untuk mempersiapkan dan terus mengembangkan diri menjadi pemain kunci mewujudkan Indonesia Maju 2045.

 Pada acara yang dihadiri oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, dan Riset Teknologi Nadiem Makarim sebagai narasumber, para peserta tidak hanya mengikuti materi tapi juga berkesempatan untuk bergabung pada Komunitas #UangKita (Komunita). Komunita adalah program komunitas dari Kemenkeu yang bertujuan untuk mengakselerasi terbentuknya ekosistem generasi muda melalui pengembangan karakter dan potensi diri dengan memahami kebijakan pengelolaan keuangan negaraatau #UangKita dan berperan sebagai penggerak perubahan menuju masa depan Indonesia Maju 2045. 

Menkeu mengharapkan Komunita dapat menjadi wadah bagi para generasi produktif yang memahami kebijakan pengelolaan #UangKita dan berperan sebagai penggerak perubahanmenujumasa depan Indonesia Maju 2045. Kemenkeu pun akan terus melakukan berbagai kegiatan untuk mendorong para generasi muda yang telah bergabung dalam Komunita agar kelak benar-benar mampu memberikan kontribusi positif untuk membangun dan mewujudkan cita-cita Indonesia Maju. “Negara ini adalah negara kalian. Kalian lahir dibesarkan menjadi Bangsa Indonesia. Kemana kita mau pergi, seberapa cepat kita mencapai tujuan, bagaimana kita mencapai tujuan, it is your bussiness, bukan bisnisnya orang lain. It's you, it is in your hand. Kerja keras, kuasai knowledge, perbaiki karakter, pursue your career, pursue your goal. Itu adalah kalau dijumlahkan dia menjadi energi yang besar sekali untuk mencapai Indonesia Tahun 2045, seperti yang kalian impikan. Jangan pernah lelah mencintai Indonesia dan terus berbuat baik every day of your life,” pesan Menkeu kepada para peserta yang mengikuti acara secara luring maupun daring.

More
Kelas Komunita kembali hadir sebagai ruang untuk Komunitans meningkatkan skill, mengembangkan potensi dan berjejaring lebih luas lagi. Kali ini, Komunita berkolaborasi dengan Hari Senin dan mengusung tema Must Have Skills to Start Your Career. Kelas tersebut membahas skill yang harus dimiliki oleh seorang Fresh Graduate atau First Jobber untuk memulai karier dan diselenggarakan secara online selama 3 hari berturut-turut mulai dari Jumat, 18 November 2022 s/d Minggu, 20 November 2022.
November 23, 2022
Komunita Meet Up ke 8 kembali diselenggarakan, kali ini secara offline loh Komunitans! Mengambil tema Discover Your Contribution in Indonesia G20 Presidency, meet up ini diadakan di M Blocspace, Jakarta Selatan pada Jumat, 4 November 2022 dan merupakan bagian dari kegiatan youth engagement Kementerian Keuangan untuk mengenalkan dan meng-update hasil agenda pembahasan Presidensi G20 kepada para generasi muda
November 7, 2022
Komunita menghadiri kegiatan penanaman pohon bertajuk Sayangi Bumi yang diselenggarakan oleh PT. Sarana Multigriya Finansial Persero pada Kamis, 15 September 2022. Kegiatan ini merupakan salah satu campaign sustainable living yang dilakukan PT. SMF atas instrumen investasi EBA Ritel terbitan mereka yakni satu transaksi sama dengan satu pohon. Sehingga dengan kata lain, berinvestasi di EBA Ritel tidak hanya menguntungkan diri sendiri, tetapi juga berkontribusi bagi paru-paru bumi.
September 21, 2022
Komunita kembali mengadakan Komunita Meet Up yang ke 7 dengan tema Invest for Future, Invest for Better Indonesia. Tema ini diangkat seiring dengan meningkatnya minat dan tren investasi di kalangan anak muda. Fenomena ini dapat menjadi pisau bermata dua karena tidak hanya berdampak positif, namun dapat membawa dampak buruk jika tidak diimbangi dengan literasi keuangan yang cukup.
September 7, 2022
Setelah sukses menggelar kegiatan Road to Ministry of Finance (MOFEST) 2022 di Kota Bandung dan Malang, Kementerian Keuangan (Kemenkeu) kembali menyelenggarakan Road to MOFEST (RTM) yang ketiga dari rencana empat kota penyelenggaran. RTM kali ini berkolaborasi bersama dengan Pemerintah Kabupaten Badung (Pemkab Badung), Bali bertempat di Balai Budaya Giri Nata Mandala. Acara ini bertujuan mewadahi kolaborasi peran pemerintah dan para pemuda dalam mewujudkan Visi Indonesia Emas 2045 dan menghadirkan pembicara dari berbagai latar belakang profesi dan pendidikan mulai dari financial planner, traveler, PT Sarana Multigriya Financial (SMF), hingga PT Geo Dipa Energi (GDE).
August 15, 2022
Mofest  merupakan Festival kolaboratif Kementerian Keuangan bagi generasi muda dalam mengembangkan karakter dan potensi diri, berdaya saing, berjejaring dan bergerak bersama menuju Indonesia Maju 2045. Mofest adalah platform eksplorasi bagi publik untuk menyampaikan aspirasi dan berkolaborasi dalam pengelolaan APBN atau Uang Kita.
August 2, 2022
Komunita Meetup 6 : Equipping the Next Youngpreneur Komunita Meetup Kembali diselenggarakan untuk menyapa seluruh anggota Komunita pada Jumat, 15 Juli 2022 pukul 14.00 s.d. 15.00 WIB. Sesuai dengan komitmen Komunitans untuk selalu mengusung tema baru di setiap bulannya, maka bulan Juli ini adalah milik para Enterpreneur. Tema ini diangkat agar anggota Komunita dapat menumbuhkan minat dan skill untuk menjadi seorang Entrepreneur Maju di Tahun 2045.
July 22, 2022
Road to Mofest Malang merupakan bagian dari rangkaian event pre-heating dalam rangka menuju acara puncak Ministry of Finance Festival 2022. Road to Mofest diadakan khusus bagi para generasi muda dengan tema, Road to Ministry of Finance Festival 2022: Master Your Future. Event ini akan diselenggarakan pada hari Kamis, 23 Juni 2022 bertempat di Universitas Brawijaya, Malang
June 16, 2022
Kelas Komunita kembali diselenggarakan dengan berkolaborasi dengan Haloka (PT.Haloka Group Indonesia). Kelas kali ini mengusung tema yang berbeda, yakni mengenai self development dengan sub tema personal branding dan time management. Kolaborasi workshop bersama Haloka ini diharapkan mampu membentuk para peserta menjadi generasi yang berkualitas, memiliki personal branding yang baik, serta mampu mengelola waktu dengan bijak
May 24, 2022