Jl. Dr. Wahidin Raya No.1 Jakarta 10710
134

Komunita News Update : Kenapa sih Indonesia berutang?

Rindiyana Amavista
January 17, 2023
12:00 AM

[Komunita News Update]

Kenapa sih Indonesia berutang?

 

Ketertinggalan infrastruktur dan masalah konektivitas menimbulkan tingginya biaya ekonomi yang harus ditanggung oleh masyarakat hingga rendahnya daya saing nasional. Inilah yang menjadi dasar pemerintah mengakselerasi pembangunan infrastruktur demi mengejar ketertinggalan dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Namun demikian, Pendapatan Negara belum cukup untuk memenuhi seluruh kebutuhan tersebut sehingga menimbulkan defisit yang harus ditutupi melalui pembiayaan/utang.

 

Utang negara dalam hal ini adalah Utang Pemerintah tidak termasuk Utang Swasta. Utang merupakan Investasi dalam jangka panjang yang digunakan untuk membiayai belanja infrastruktur, pendidikan, dan kesehatan akan menghasilkan multiplier effect besar untuk generasi saat ini dan mendatang. Jadi yang dilakukan oleh Pemerintah saat ini dan yang akan datang secara perhitungan ekonomis adalah sharing manfaat yang jauh lebih besar dibandingkan dengan sharing beban yang ditanggung.

 

Dalam menilai utang kita juga harus melihat dari keseluruhan APBN dan perekonomian. Apabila diukur dari jumlah nominal dan rasio terhadap Produk Domestik Bruto (PDB), defisit APBN dan posisi utang Pemerintah terus dikendalikan (jauh) dibawah ketentuan UU Keuangan Negara No. 17 tahun 2003 sebesar 60% per PDB. Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mencatat posisi utang pemerintah mencapai Rp7.733,99 triliun pada akhir Desember 2022, dengan rasio utang 39,57 persen dari total produk domestik bruto (PDB) Indonesia. Menurut Kemenkeu, meskipun terjadi fluktuasi, peningkatan utang pemerintah masih dalam batas aman, wajar, serta terkendali diiringi dengan diversifikasi portofolio yang optimal.

 

Berdasarkan jenisnya, utang pemerintah didominasi oleh instrumen SBN yang mencapai 88,53 persen dari seluruh komposisi utang pada akhir Desember 2022. Sementara berdasarkan mata uang, utang pemerintah didominasi oleh mata uang rupiah, yaitu mencapai 70,75 persen. Dengan strategi utang yang memprioritaskan penerbitan dalam mata uang rupiah, porsi utang dengan mata uang asing diperkirakan akan terus menurun, sehingga risiko nilai tukar juga dapat semakin terjaga.

 

Kalau infrastruktur udah bagus, transportasi akan lebih mudah. Kalau transportasi mudah, biaya kirim barang jadi makin murah. Semakin murah biaya kirim barang, akan semakin murah harga jual barang. Kalau barang murah, masyarakat makin banyak yang bisa beli, perekonomian makin lancar, rakyat makin sejahtera, bukankah itu yang kita inginkan bersama? 

Nah, makanya nih, pembangunan ngga bisa ditunda lagi. Semakin lama, biaya pembangunan infrastruktur bakal makin mahal. Sama kaya beli properti, harus bisa diusahakan secepatnya keburu harga naik terus. Selain itu, dari pembangunan infrastruktur tadi manfaat ekonomi dan sosialnya berlipat-lipat. Kita jadi punya nilai tawar dan daya saing yang lebih tinggi deh.

 

Sumber:

https://m.bisnis.com/amp/read/20230118/9/1619229/naik-lagi-utang-pemerintah-tembus-rp773399-triliun-per-desember-2022

kemenkeu.go.id/informasi-publik/kemenkeu-menjawab/kenapa-harus-ngutang

More
Kementerian Keuangan mengadakan Apresiasi Media Nagara Dana Rakca 2022 pada hari Jumat, 6 Januari 2023 yang ditujukan bagi para media nasional yang selama ini telah memiliki kerjasama, kolaborasi serta berkontribusi dalam rangka menyampaikan informasi, edukasi, data, dan kebijakan di lingkungan Kementerian Keuangan kepada publik.
January 10, 2023
Komunita mengadakan Kelas Komunita dengan tema How to Become a Good Content Creator in 2023. Kelas ini diadakan selama 2 hari yakni 9 s.d.10 Desember 2022 yang terbagi menjadi 2 sesi. Sesi pertama membahas Steps and Tips to Becoming a Good Storyteller, sedangkan sesi kedua mengangkat topik Teknik Produksi Video yang Menarik Menggunakan Smartphone.
December 13, 2022
Mofest  merupakan Festival kolaboratif Kementerian Keuangan bagi generasi muda dalam mengembangkan karakter dan potensi diri, berdaya saing, berjejaring dan bergerak bersama menuju Indonesia Maju 2045. Mofest adalah platform eksplorasi bagi publik untuk menyampaikan aspirasi dan berkolaborasi dalam pengelolaan APBN atau Uang Kita.
December 1, 2022
Kelas Komunita kembali hadir sebagai ruang untuk Komunitans meningkatkan skill, mengembangkan potensi dan berjejaring lebih luas lagi. Kali ini, Komunita berkolaborasi dengan Hari Senin dan mengusung tema Must Have Skills to Start Your Career. Kelas tersebut membahas skill yang harus dimiliki oleh seorang Fresh Graduate atau First Jobber untuk memulai karier dan diselenggarakan secara online selama 3 hari berturut-turut mulai dari Jumat, 18 November 2022 s/d Minggu, 20 November 2022.
November 23, 2022
Komunita Meet Up ke 8 kembali diselenggarakan, kali ini secara offline loh Komunitans! Mengambil tema Discover Your Contribution in Indonesia G20 Presidency, meet up ini diadakan di M Blocspace, Jakarta Selatan pada Jumat, 4 November 2022 dan merupakan bagian dari kegiatan youth engagement Kementerian Keuangan untuk mengenalkan dan meng-update hasil agenda pembahasan Presidensi G20 kepada para generasi muda
November 7, 2022
Komunita menghadiri kegiatan penanaman pohon bertajuk Sayangi Bumi yang diselenggarakan oleh PT. Sarana Multigriya Finansial Persero pada Kamis, 15 September 2022. Kegiatan ini merupakan salah satu campaign sustainable living yang dilakukan PT. SMF atas instrumen investasi EBA Ritel terbitan mereka yakni satu transaksi sama dengan satu pohon. Sehingga dengan kata lain, berinvestasi di EBA Ritel tidak hanya menguntungkan diri sendiri, tetapi juga berkontribusi bagi paru-paru bumi.
September 21, 2022
Komunita kembali mengadakan Komunita Meet Up yang ke 7 dengan tema Invest for Future, Invest for Better Indonesia. Tema ini diangkat seiring dengan meningkatnya minat dan tren investasi di kalangan anak muda. Fenomena ini dapat menjadi pisau bermata dua karena tidak hanya berdampak positif, namun dapat membawa dampak buruk jika tidak diimbangi dengan literasi keuangan yang cukup.
September 7, 2022
Setelah sukses menggelar kegiatan Road to Ministry of Finance (MOFEST) 2022 di Kota Bandung dan Malang, Kementerian Keuangan (Kemenkeu) kembali menyelenggarakan Road to MOFEST (RTM) yang ketiga dari rencana empat kota penyelenggaran. RTM kali ini berkolaborasi bersama dengan Pemerintah Kabupaten Badung (Pemkab Badung), Bali bertempat di Balai Budaya Giri Nata Mandala. Acara ini bertujuan mewadahi kolaborasi peran pemerintah dan para pemuda dalam mewujudkan Visi Indonesia Emas 2045 dan menghadirkan pembicara dari berbagai latar belakang profesi dan pendidikan mulai dari financial planner, traveler, PT Sarana Multigriya Financial (SMF), hingga PT Geo Dipa Energi (GDE).
August 15, 2022
Mofest  merupakan Festival kolaboratif Kementerian Keuangan bagi generasi muda dalam mengembangkan karakter dan potensi diri, berdaya saing, berjejaring dan bergerak bersama menuju Indonesia Maju 2045. Mofest adalah platform eksplorasi bagi publik untuk menyampaikan aspirasi dan berkolaborasi dalam pengelolaan APBN atau Uang Kita.
August 2, 2022