Jl. Dr. Wahidin Raya No.1 Jakarta 10710
134

Kelas Komunita 8 : How Leadership Start With Self Awareness

Admin Ungrafik
March 6, 2023
12:00 AM

Hai Komunitans! Kelas Komunita kembali hadir nih di awal tahun 2023 sebagai wadah untuk Komunitans berjejaring dan mempersiapkan diri menjadi pemimpin Indonesia Maju 2045. Topik kelas Komunita kali ini “How Leadership Starts with Self Awareness” bersama Kak Anneke Julianita (Head of Business Development and Partnership AIESEC Indonesia). Kelas dilaksanakan pada hari Sabtu, 4 Maret 2023 pukul 10.00 s.d. 12.00 melalui online zoom meeting. Para peserta tidak hanya diberikan penjelasan terkait  Leadership Starters, Self-Awareness, Dare to Lead Concept, dan How to Improve Ourselves, tetapi di akhir kelas terdapat sesi penajaman diskusi berupa sesi Bukan Kelas Biasa (BKB) dimana peserta dibagi ke dalam breakout room yang dipandu oleh para Co-Fasilitator.  

Memiliki jiwa kepemimpinan bukan hal yang mudah, namun dapat dimulai dengan membiasakan untuk memimpin diri sendiri. Hal itulah yang dilakukan Kak Anneke sebagai salah satu anak muda yang memimpin sekaligus memberikan dampak terhadap para anggotanya. Menurut Kak Anneke seorang pemimpin yang baik adalah mampu memberikan rasa nyaman, berempati, bertanggungjawab dan menjadi teladan anggotanya. Selain itu, memiliki kemampuan komunikasi yang baik dan berani mengambil keputusan juga merupakan nilai yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin. Bagi Kak Anneke menjadi seorang pemimpin perlu untuk memperhatikan 5C yaitu commitment, core values, communication, calmness, dan courage.

Kelas kali ini juga menjadi wadah bagi Komunitans untuk berbagi pengalaman dan pandangan mereka tentang kepemimpinan. Beberapa Komunitans membagikan permasalahan yang sering mereka hadapi ketika menjadi seorang pemimpin. Tak jarang saat menjadi seorang pemimpin kita sering dihadapkan dengan Headless Chicken Syndrome dimana kita terlalu sibuk dengan rutinitas dan kegiatan tetapi tidak memiliki arah dan tujuan yang jelas. Oleh karena itu, sebagai seorang pemimpin ada kalanya kita perlu meluangkan waktu untuk diri sendiri (me time) agar dapat fokus sehingga mampu mengambil langkah dan keputusan yang tepat.

Kelas diakhiri dengan sesi tanya jawab yang sangat menarik dimana Komunitans terlihat antusias dan aktif bertanya. Diharapkan dengan terlaksananya Kelas Komunita yang bertemakan kepemimpinan ini, dapat mencetak calon-calon pemimpin di tengah krisis kepemimpinan yang terjadi. “Great leadership starts with self-awareness”, untuk menjadi seorang pemimpin yang baik kita harus mampu memimpin diri kita terlebih dahulu sebelum memberikan dampak bagi orang lain. Jadi, gimana nih Komunitans? Sudah siapkah kalian menjadi pemimpin Indonesia Maju 2045?

More
Sukuk Negara Ritel (Sukuk Ritel) adalah produk investasi syariah yang ditawarkan oleh Pemerintah kepada individu Warga Negara Indonesia, sebagai pilihan investasi yang aman, mudah, terjangkau, dan menguntungkan. Sukuk Ritel seri 018 ini dapat mulai dibeli 3 Maret 2023 hingga 29 Maret 2023. SR018 menawarkan 2 pilihan produk bagi investor, yaitu SR018T3 dan SR018T5 yang dapat mulai dibeli dengan minimum pemesanan Rp 1 Juta.
March 3, 2023
Komunitans menghadiri Uangkita Talk bertajuk Peran APBN dalam Pemulihan Ekonomi Nasional. Acara ini merupakan ruang diskusi yang menghadirkan pembicara dan para pemangku kepentingan dan bertujuan memberikan wawasan, pengalaman sekaligus mengajak peserta untuk berdialog mengenai berbagai isu yang berkaitan dengan pengelolaan APBN atau UangKita.
March 1, 2023
Untuk mewadahi kolaborasi peran pemerintah dan para generasi muda di Wilayah Bandung, Komunitas UangKita Regional Bandung menyelenggarakan Komunita Meet Up dengan tema: ASEAN Matters, Epicentrum of Growth. Tema ini dipilih karena Indonesia tahun ini ditetapkan memegang tongkat estafet Keketuaan ASEAN pada 2023, menggantikan Kamboja. Indonesia diharapkan dapat melakukan berbagai terobosan dan inovasi dalam menghadapi berbagai permasalahan dunia yang juga dihadapi kawasan ASEAN.
February 20, 2023
Serah terima Keketuaan ASEAN dari Kamboja ke Indonesia telah dilakukan pada KTT ASEAN ke-42 di Phnom Penh bulan November 2022 lalu. Periode Keketuaan Indonesia di ASEAN sendiri dimulai sejak 1 Januari 2023 dan akan berlangsung selama setahun sampai dengan 31 Desember 2023.
February 5, 2023
Komunita menggelar Komunita Meet Up bertajuk New Year, New Beginning pada Jumat, 20 Januari 2023 yang ditujukan kepada anggota Komunita wilayah Jabodetabek.Kegiatan ini merupakan Komunita Meet Up perdana di tahun 2023, sebagai alas melangkah dan bertumbuh bersama sebagai satu keluarga di Komunita yang berkolaborasi dengan LMAN ( Lembaga Manajemen Aset Negara ) dan PT.SMF (Sarana Multigriya Finansial).
January 25, 2023
Ketertinggalan infrastruktur dan masalah konektivitas menimbulkan tingginya biaya ekonomi menjadi alasan pemerintah melakukan pembiayaan melalui utang. Utang ini nantinya digunakan untuk membiayai belanja infrastruktur, pendidikan, dan kesehatan akan menghasilkan multiplier effect besar untuk generasi saat ini dan mendatang.
January 17, 2023
Kementerian Keuangan mengadakan Apresiasi Media Nagara Dana Rakca 2022 pada hari Jumat, 6 Januari 2023 yang ditujukan bagi para media nasional yang selama ini telah memiliki kerjasama, kolaborasi serta berkontribusi dalam rangka menyampaikan informasi, edukasi, data, dan kebijakan di lingkungan Kementerian Keuangan kepada publik.
January 10, 2023
Komunita mengadakan Kelas Komunita dengan tema How to Become a Good Content Creator in 2023. Kelas ini diadakan selama 2 hari yakni 9 s.d.10 Desember 2022 yang terbagi menjadi 2 sesi. Sesi pertama membahas Steps and Tips to Becoming a Good Storyteller, sedangkan sesi kedua mengangkat topik Teknik Produksi Video yang Menarik Menggunakan Smartphone.
December 13, 2022
Mofest  merupakan Festival kolaboratif Kementerian Keuangan bagi generasi muda dalam mengembangkan karakter dan potensi diri, berdaya saing, berjejaring dan bergerak bersama menuju Indonesia Maju 2045. Mofest adalah platform eksplorasi bagi publik untuk menyampaikan aspirasi dan berkolaborasi dalam pengelolaan APBN atau Uang Kita.
December 1, 2022