Jl. Dr. Wahidin Raya No.1 Jakarta 10710
134

Komunita Meetup Makassar : Makassar NextGen, Together Win the Future Market !!!

October 7, 2023
12:00 AM

Makassar adalah kota yang penuh potensi di Sulawesi Selatan, semakin mencuat sebagai pusat pertumbuhan ekonomi di Indonesia Timur. Sementara Anak Muda adalah tulang punggung pembangunan masa depan suatu negara. Untuk mencapai cita-cita mereka dan memenangkan pasar masa depan, anak muda Makassar perlu dukungan yang tepat dari pemerintah. KOMUNITA, Komunitas #UangKita Regional Makassar di bawah naungan Kementerian Keuangan RI diharapkan mampu menjembatani aspirasi anak muda Makassar menuju masa depan yang mereka harapkan. Untuk mendukung hal tersebut, Komunita mengusung tema Meetup Perdana mereka dengan "Makassar NextGen, Together Win The Future Market" yang dilaksanakan pada Jumat, 6 Oktober 2023 di Bikin-Bikin Creative Hub, Nipah Mall Makassar.

 

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Bapak Anang Rochmawan, selaku Kepala Bagian Manajemen Sistem Informasi dan Edukasi Publik Kementerian Keuangan RI. Beliau menyampaikan pesan kepada komunitans, bahwa Pemerintah telah bersiap untuk mendukung aspirasi anak muda dalam mencapai kecepatan 500km/jam menuju cita-cita masa depan yang juga berdampak untuk Misi Indonesia Emas 2045. Serta mengajak anak muda Makassar untuk memanfaatkan sebaik-baiknya segala fasilitas yang telah disiapkan oleh Pemerintah, karena adanya UangKita, Dari Kita Untuk Kita.

 

Hal ini dibenarkan oleh Bapak Lukmanul Hakim, selaku Kepala Divisi Hukum dan Komunikasi LPDP. Sebab LPDP saat ini mempunyai Dana Abadi yang berasal dari APBN dan semakin membuka lebar kesempatan bagi Anak Muda dalam menunjang pendidikan tinggi berkualitas. Tentu ini sangat dibutuhkan untuk mempersiapkan anak muda Makassar menjadi salah satu pemimpin di masa depan.

 

Tidak hanya itu, Pemerintah melalui Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS) juga mengambil peran dalam mendukung Anak Muda Makassar yang memiliki potensi berwirausaha dan ingin memajukan potensi daerah melalui sistem ekonomi syariah. Ibu Hayati Zahri, dalam Speech Session-nya menjelaskan bahwa KNEKS siap hadir sebagai katalisator dalam upaya mempercepat, memperluas dan memajukan pembangunan ekonomi dan keuangan syariah dalam rangka memperkuat ketahanan ekonomi nasional.

 

Mendengar hal tersebut, tentu tidak benar kalau Pemerintah hanya diam saja. Buktinya ada banyak peluang dan kesempatan yang telah disiapkan. Namun, itu hanyalah jembatan menuju masa depan. Yang terpenting adalah bagaimana kita bisa melihat peluang tersebut sebagai kesempatan yang tidak boleh kita sia-siakan. Perlunya menanamkan keyakinan terhadap anak muda untuk lebih berpikir positif dalam langkah mempersiapkan masa depan mereka.  Maka dari itu, kegiatan ini juga mengundang salah satu praktisi inspiratif yang membagikan kiat-kiat suksesnya dan bagaimana anak muda menyusun strategi menuju mimpinya dengan memanfaatkan Digital Mindset.

 

Kak Akmal Idrus sebagai pelaku Socialpreneur (Rappo.id), menjelaskan di sesi talkshow-nya bahwa Anak Muda Makassar masing-masing memiliki potensi untuk bermanfaat bagi masyarakat dan lingkungan. Dengan adanya Digital, tentu akan semakin mempercepat anak muda dalam mencapai masa depan mereka. Namun, perlunya mindset yang positif dalam memanfaatkan digitalisasi juga sangat penting. Diharapkan kemudahan tersebut dapat memberikan dampak positif terhadap anak muda semakin matang dalam mempersiapkan diri, menggali potensi dan mempunyai misi yang berkelanjutan.

 

Wah. Ternyata ada banyak hal yang perlu disiapkan dari anak muda menuju masa depan, ya ? Keseruannya tidak hanya sampai disitu saja, terdapat beberapa games dan quiz dengan hadiah yang menarik, sesi ngobrol, berfoto bersama, membuat kegiatan ini semakin berkesan. Harapannya Komunitans Makassar dapat lebih solid lagi, dan membuka kesempatan kolaborasi yang sebesar-besarnya di kegiatan selanjutnya.

More
Kementerian Keuangan mengajak Komunita ikut menyuarakan masukan dan kritik pada kegiatan Komwasjak Mendengar yang diadakan oleh Komite Pengawas Perpajakan Kemenkeu. Berbarengan dengan momentum kegiatan tersebut, diadakan juga kegiatan Komunita Meet Up Regional Medan secara fisik untuk pertama kalinya
May 16, 2023
Komunita mengadakan Kelas Komunita edisi Spesial Ramadhan dengan tema Manage Your Body, Manage Your Money. Kelas ini diadakan pada Sabtu 8 April 2023 pukul 13.00 - 15.00. Hadir sebagai pembicara, Angel Jovi Burhannudin, S.Gz.(Ahli Gizi Clinical Nutrionist) yang berbagi materi seputar sehat dan hemat di bulan puasa dengan gaya hidup seimbang.
April 10, 2023
Komunitans kembali menghadiri Uangkita Talk di Universitas Diponegoro, Semarang. Acara ini diselenggarakan untuk meningkatkan engagement kepada generasi muda sekaligus mendekatkan Kementerian Keuangan pada lingkungan akademisi. Dalam acara ini juga hadir 300 orang mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis serta para staf pengajar. 
March 20, 2023
Komunita turut meramaikan Gebyar UMKM yang dilaksanakan oleh Kanwil DJPb Provinsi Jawa Timur di Area Parkir Gedung Keuangan Negara Surabaya I pada Jumat (17/03).
March 20, 2023
Dalam rangka memperingati Hari Bakti Perbendaharaan 2023, Kemenkeu Satu Wilayah Jawa Barat menyelenggarakan Bazar UMKM 2023 yang turut dihadiri oleh Komunitans Regional Bandung. Bazar UMKM ini dilaksanakan pada hari Minggu, 5 Maret 2023 pukul 07.00-15.00 WIB di Kanwil DJPB Jawa Barat. Pada kesempatan ini Komunitans terlibat sebagai peserta bazar, mempromosikan stan dari para UMKM, dan berkeliling Museum Perbendaharaan.
March 7, 2023
Komunita mengadakan Kelas Komunita dengan tema How Leadership Starts with Self Awareness. Kelas ini diadakan pada Sabtu 4 Maret 2023 pukul 10.00 - 12.00. Hadir sebagai pembicara, Anneke Julianita (Head of Business Development and Partnership AIESEC in Indonesia) yang menjelaskan materi terkait Leadership Starters, Self-Awareness, Dare to Lead Concept, dan How to Improve Ourselves.
March 6, 2023
Sukuk Negara Ritel (Sukuk Ritel) adalah produk investasi syariah yang ditawarkan oleh Pemerintah kepada individu Warga Negara Indonesia, sebagai pilihan investasi yang aman, mudah, terjangkau, dan menguntungkan. Sukuk Ritel seri 018 ini dapat mulai dibeli 3 Maret 2023 hingga 29 Maret 2023. SR018 menawarkan 2 pilihan produk bagi investor, yaitu SR018T3 dan SR018T5 yang dapat mulai dibeli dengan minimum pemesanan Rp 1 Juta.
March 3, 2023
Komunitans menghadiri Uangkita Talk bertajuk Peran APBN dalam Pemulihan Ekonomi Nasional. Acara ini merupakan ruang diskusi yang menghadirkan pembicara dan para pemangku kepentingan dan bertujuan memberikan wawasan, pengalaman sekaligus mengajak peserta untuk berdialog mengenai berbagai isu yang berkaitan dengan pengelolaan APBN atau UangKita.
March 1, 2023
Untuk mewadahi kolaborasi peran pemerintah dan para generasi muda di Wilayah Bandung, Komunitas UangKita Regional Bandung menyelenggarakan Komunita Meet Up dengan tema: ASEAN Matters, Epicentrum of Growth. Tema ini dipilih karena Indonesia tahun ini ditetapkan memegang tongkat estafet Keketuaan ASEAN pada 2023, menggantikan Kamboja. Indonesia diharapkan dapat melakukan berbagai terobosan dan inovasi dalam menghadapi berbagai permasalahan dunia yang juga dihadapi kawasan ASEAN.
February 20, 2023