Jl. Dr. Wahidin Raya No.1 Jakarta 10710
134

Komunita Medan Ikut Bersuara

Admin Ungrafik
May 16, 2023
3:15 PM

Kementerian Keuangan mengajak Komunitas #UangKita (Komunita) ikut menyuarakan masukan dan kritik pada kegiatan “Komwasjak Mendengar” yang diadakan oleh Komite Pengawas Perpajakan, Kemenkeu. Komunita regional Medan ikut hadir memenuhi undangan kegiatan yang dilaksanakan di Gedung Serbaguna Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sumatera Utara, pada Rabu lalu (10/5). Berbarengan dengan momentum kegiatan tersebut, diadakan juga kegiatan Komunita Meet Up Regional Medan, secara fisik untuk pertama kalinya. Kegiatan Komwasjak Mendengar merupakan upaya Komwasjak Kemenkeu dalam menghimpun masukan dari para stakeholders untuk perbaikan sistem dan administrasi perpajakan. Hadir dalam kegiatan ini sekitar 80 orang dari kalangan pengusaha pengguna layanan perpajakan dan kepabeanan dan cukai, asosiasi, media, serta akademisi, termasuk generasi muda anggota Komunita. 

Selain kegiatan Komwasjak mendengar, diadakan juga Komunita Meet Up Regional Medan di Maple Theater, Apartment Grand City Hall Medan, Rabu (10/5), yang dihadiri sekitar 91 orang Komunitans terdiri dari mahasiswa dan pelajar SMA, termasuk anggota relawan pajak, serta anggota Putra dan Putri Bea Cukai Medan. Kegiatan ini menjadi kesempatan bagi Komunita dan Kemenkeu dalam mempererat silaturahmi dan jejaring, serta pendalaman pengetahuan pengelolaan negara bagi anggota Komunita di area Medan dan sekitarnya. Tidak ketinggalan, dibentuk juga kepengurusan Komunita di Medan, setelah kepengurusan Jabodetabek, Bandung, Malang, Yogyakarta, Semarang, Surabaya, Bali dan Makassar. 

Pada kegiatan Komunita Meet Up Regional Medan, anggota Komunita dikenalkan dengan tugas fungsi Kemenkeu dan pengelolaan fiskal secara umum oleh para pegawai muda perwakilan masing-masing unit Kantor Wilayah Sumatera Utara (Kanwil DJP, DJBC, DJPB, DJKN, dan KPTIK BMN Medan), yang menyampaikan peran masing-masing unit dalam pengelolaan kebijakan fiskal. Antusiasme Komunitans terlihat pada sesi diskusi yang cukup interaktif. Komunitans aktif bersuara dan menyampaikan pertanyaan serta masukan seputar isu-isu terkini pengelolaan keuangan negara.

More
Komunita mengadakan Kelas Komunita edisi Spesial Ramadhan dengan tema Manage Your Body, Manage Your Money. Kelas ini diadakan pada Sabtu 8 April 2023 pukul 13.00 - 15.00. Hadir sebagai pembicara, Angel Jovi Burhannudin, S.Gz.(Ahli Gizi Clinical Nutrionist) yang berbagi materi seputar sehat dan hemat di bulan puasa dengan gaya hidup seimbang.
April 10, 2023
Komunitans kembali menghadiri Uangkita Talk di Universitas Diponegoro, Semarang. Acara ini diselenggarakan untuk meningkatkan engagement kepada generasi muda sekaligus mendekatkan Kementerian Keuangan pada lingkungan akademisi. Dalam acara ini juga hadir 300 orang mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis serta para staf pengajar. 
March 20, 2023
Komunita turut meramaikan Gebyar UMKM yang dilaksanakan oleh Kanwil DJPb Provinsi Jawa Timur di Area Parkir Gedung Keuangan Negara Surabaya I pada Jumat (17/03).
March 20, 2023
Dalam rangka memperingati Hari Bakti Perbendaharaan 2023, Kemenkeu Satu Wilayah Jawa Barat menyelenggarakan Bazar UMKM 2023 yang turut dihadiri oleh Komunitans Regional Bandung. Bazar UMKM ini dilaksanakan pada hari Minggu, 5 Maret 2023 pukul 07.00-15.00 WIB di Kanwil DJPB Jawa Barat. Pada kesempatan ini Komunitans terlibat sebagai peserta bazar, mempromosikan stan dari para UMKM, dan berkeliling Museum Perbendaharaan.
March 7, 2023
Komunita mengadakan Kelas Komunita dengan tema How Leadership Starts with Self Awareness. Kelas ini diadakan pada Sabtu 4 Maret 2023 pukul 10.00 - 12.00. Hadir sebagai pembicara, Anneke Julianita (Head of Business Development and Partnership AIESEC in Indonesia) yang menjelaskan materi terkait Leadership Starters, Self-Awareness, Dare to Lead Concept, dan How to Improve Ourselves.
March 6, 2023
Sukuk Negara Ritel (Sukuk Ritel) adalah produk investasi syariah yang ditawarkan oleh Pemerintah kepada individu Warga Negara Indonesia, sebagai pilihan investasi yang aman, mudah, terjangkau, dan menguntungkan. Sukuk Ritel seri 018 ini dapat mulai dibeli 3 Maret 2023 hingga 29 Maret 2023. SR018 menawarkan 2 pilihan produk bagi investor, yaitu SR018T3 dan SR018T5 yang dapat mulai dibeli dengan minimum pemesanan Rp 1 Juta.
March 3, 2023
Komunitans menghadiri Uangkita Talk bertajuk Peran APBN dalam Pemulihan Ekonomi Nasional. Acara ini merupakan ruang diskusi yang menghadirkan pembicara dan para pemangku kepentingan dan bertujuan memberikan wawasan, pengalaman sekaligus mengajak peserta untuk berdialog mengenai berbagai isu yang berkaitan dengan pengelolaan APBN atau UangKita.
March 1, 2023
Untuk mewadahi kolaborasi peran pemerintah dan para generasi muda di Wilayah Bandung, Komunitas UangKita Regional Bandung menyelenggarakan Komunita Meet Up dengan tema: ASEAN Matters, Epicentrum of Growth. Tema ini dipilih karena Indonesia tahun ini ditetapkan memegang tongkat estafet Keketuaan ASEAN pada 2023, menggantikan Kamboja. Indonesia diharapkan dapat melakukan berbagai terobosan dan inovasi dalam menghadapi berbagai permasalahan dunia yang juga dihadapi kawasan ASEAN.
February 20, 2023
Serah terima Keketuaan ASEAN dari Kamboja ke Indonesia telah dilakukan pada KTT ASEAN ke-42 di Phnom Penh bulan November 2022 lalu. Periode Keketuaan Indonesia di ASEAN sendiri dimulai sejak 1 Januari 2023 dan akan berlangsung selama setahun sampai dengan 31 Desember 2023.
February 5, 2023