Jl. Dr. Wahidin Raya No.1 Jakarta 10710
134

Kelas Komunita 9: Spesial Ramadhan, Manage Your Body, Manage Your Money

Admin Ungrafik
April 10, 2023
1:00 PM

Kesehatan sangat penting apalagi dibulan suci Ramadhan ini setiap ummat muslim wajib menjalankan puasa dan juga mengatur keuangannya jadi selama bulan Ramadhan bukan hanya badannya yang semakin sehat akibat proses detoksifikasi atau proses pengeluaran racun karena puasa namun juga keuangan kita tetap stabil dengan mengetahui kebutuhan tubuh. Komunita bekerjasama dengan Kak Angel Jovi Burhannudin, S.Gz. seorang ahli gizi dari Clinical Nutrionist, mengadakan Kelas Komunita dengan tema “Manage Your Body, Manage Your Money” Sehat dan hemat di bulan puasa, menjadi lebih sehat dengan gaya hidup seimbang. Kelas Komunita 9 diadakan Sabtu 08, April 2023, pukul 13.00-15.00 secara online melalui zoom meeting. 

Para peserta tidak hanya diberikan penjelasan terkait manfaat puasa, kebutuhan nutrisi tubuh manusia, makanan apa yang bisa memenuhi kebutuhan nutrisi manusia, dan manajemen keuangan selama bulan ramadhan dengan membeli makanan dan minuman untuk mencukupi nutrisi tubuh manusia, diakhir kelas juga terdapat sesi diskusi serta mengisi bersama sheet kebutuhan makanan dan keuangan, berupa sesi Bukan Kelas Biasa (BKB) dimana peserta dibagi ke dalam breakout room yang dipandu oleh para Co-Fasilitator. 

Sehat tidak harus mahal, Sehat bisa dimulai dengan mengetahui kebutuhan nutrisi tubuh kita, membeli makanan dan minuman yang bisa memenuhi nutrisi bagi tubuh kita, mengurangi makan gorengan, memperbanyak makan sayur. Menurut Kak Angel Jovi, tubuh yang sehat dapat diciptakan dengan memenuhi kebutuhan nutrisi bagi tubuh manusia, lalu berolahraga, dan tidur 6-8 jam. Selain itu, dengan tubuh yang sehat juga bisa menciptakan pikiran yang sehat, dan juga mental yang sehat. Bagi Kak Angel puasa ini juga menjadi momentum bagi tubuh kita untuk melakukan proses detoksifikasi yaitu proses pengeluaran racun yang selama 11 bulan ini sudah menumpuk didalam tubuh kita, yang dilakukan selama 30 hari saat puasa. Kelas kali ini juga menjadi wadah bagi Komunitans untuk berbagi pengalaman dan pandangan mereka tentang makanan dan minuman apa saja yang sering dimakan selama bulan Ramadhan. Beberapa Komunitans membagikan makanan favoritnya ada McD, Gorengan, kolak, es buah dan masih banyak lagi. Tak jarang saat berpuasa banyak teman-teman yang mengalami kelemasan dikarenakan banyak yang belum mengerti tentang kebutuhan nutrisi tubuh dan banyaknya makanan yang kurang memiliki manfaat bagi tubuh manusia walaupun di lidah sangat enak. Oleh karena itu, kita harus menjaga tubuh kita agar tetap sehat dengan memperhatikan asupan, intensitas aktivitas, serta waktu istirahat setiap harinya. 

Kelas diakhiri dengan sesi tanya jawab yang sangat menarik dimana Komunitans terlihat antusias dan aktif bertanya. Diharapkan dengan terlaksananya Kelas kali ini, Komunitans bisa lebih sehat dan hemat di bulan puasa dengan gaya hidup seimbang.

More
Komunitans kembali menghadiri Uangkita Talk di Universitas Diponegoro, Semarang. Acara ini diselenggarakan untuk meningkatkan engagement kepada generasi muda sekaligus mendekatkan Kementerian Keuangan pada lingkungan akademisi. Dalam acara ini juga hadir 300 orang mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis serta para staf pengajar. 
March 20, 2023
Komunita turut meramaikan Gebyar UMKM yang dilaksanakan oleh Kanwil DJPb Provinsi Jawa Timur di Area Parkir Gedung Keuangan Negara Surabaya I pada Jumat (17/03).
March 20, 2023
Dalam rangka memperingati Hari Bakti Perbendaharaan 2023, Kemenkeu Satu Wilayah Jawa Barat menyelenggarakan Bazar UMKM 2023 yang turut dihadiri oleh Komunitans Regional Bandung. Bazar UMKM ini dilaksanakan pada hari Minggu, 5 Maret 2023 pukul 07.00-15.00 WIB di Kanwil DJPB Jawa Barat. Pada kesempatan ini Komunitans terlibat sebagai peserta bazar, mempromosikan stan dari para UMKM, dan berkeliling Museum Perbendaharaan.
March 7, 2023
Komunita mengadakan Kelas Komunita dengan tema How Leadership Starts with Self Awareness. Kelas ini diadakan pada Sabtu 4 Maret 2023 pukul 10.00 - 12.00. Hadir sebagai pembicara, Anneke Julianita (Head of Business Development and Partnership AIESEC in Indonesia) yang menjelaskan materi terkait Leadership Starters, Self-Awareness, Dare to Lead Concept, dan How to Improve Ourselves.
March 6, 2023
Sukuk Negara Ritel (Sukuk Ritel) adalah produk investasi syariah yang ditawarkan oleh Pemerintah kepada individu Warga Negara Indonesia, sebagai pilihan investasi yang aman, mudah, terjangkau, dan menguntungkan. Sukuk Ritel seri 018 ini dapat mulai dibeli 3 Maret 2023 hingga 29 Maret 2023. SR018 menawarkan 2 pilihan produk bagi investor, yaitu SR018T3 dan SR018T5 yang dapat mulai dibeli dengan minimum pemesanan Rp 1 Juta.
March 3, 2023
Komunitans menghadiri Uangkita Talk bertajuk Peran APBN dalam Pemulihan Ekonomi Nasional. Acara ini merupakan ruang diskusi yang menghadirkan pembicara dan para pemangku kepentingan dan bertujuan memberikan wawasan, pengalaman sekaligus mengajak peserta untuk berdialog mengenai berbagai isu yang berkaitan dengan pengelolaan APBN atau UangKita.
March 1, 2023
Untuk mewadahi kolaborasi peran pemerintah dan para generasi muda di Wilayah Bandung, Komunitas UangKita Regional Bandung menyelenggarakan Komunita Meet Up dengan tema: ASEAN Matters, Epicentrum of Growth. Tema ini dipilih karena Indonesia tahun ini ditetapkan memegang tongkat estafet Keketuaan ASEAN pada 2023, menggantikan Kamboja. Indonesia diharapkan dapat melakukan berbagai terobosan dan inovasi dalam menghadapi berbagai permasalahan dunia yang juga dihadapi kawasan ASEAN.
February 20, 2023
Serah terima Keketuaan ASEAN dari Kamboja ke Indonesia telah dilakukan pada KTT ASEAN ke-42 di Phnom Penh bulan November 2022 lalu. Periode Keketuaan Indonesia di ASEAN sendiri dimulai sejak 1 Januari 2023 dan akan berlangsung selama setahun sampai dengan 31 Desember 2023.
February 5, 2023
Komunita menggelar Komunita Meet Up bertajuk New Year, New Beginning pada Jumat, 20 Januari 2023 yang ditujukan kepada anggota Komunita wilayah Jabodetabek.Kegiatan ini merupakan Komunita Meet Up perdana di tahun 2023, sebagai alas melangkah dan bertumbuh bersama sebagai satu keluarga di Komunita yang berkolaborasi dengan LMAN ( Lembaga Manajemen Aset Negara ) dan PT.SMF (Sarana Multigriya Finansial).
January 25, 2023