Jl. Dr. Wahidin Raya No.1 Jakarta 10710
134

Komunita Meet Up Malang : Tetap Trendy Tanpa Worry, Berani Investasi Sejak Kini with DJPPR

November 14, 2023
12:00 AM

Generasi Z saat ini sangat terfasilitasi oleh teknologi yang memudahkan transaksi dan pembelian melalui gawai dan koneksi internet. Kemudahan ini, sayangnya, turut mendorong perilaku konsumtif di kalangan generasi Z. Data yang ditemukan per Juli 2023, nilai pinjaman masyarakat Indonesia terhadap pinjaman online mencapai Rp50,12 triliun, dengan 54,6% penerimanya merupakan gen Z (usia 19-34 tahun). Tak hanya itu, menurut OJK, gen Z juga menjadi penyumbang terbesar dalam kredit macet dengan nilai mencapai Rp782 miliar atau 40,24%.

 

Hal ini mengindikasikan bahwa masih lemahnya manajemen keuangan di kalangan gen Z, perilaku konsumtif yang berlebihan demi mengikuti tren, tanpa mempertimbangkan stabilitas keuangan mereka. Menjawab tantangan tersebut, Komunitas #UangKita Chapter Malang memberikan edukasi dan pencerdasan kepada anggota dengan mengadakan meet up, yang mengangkat tema mengenai financial management dan financial investment, dengan judul “Tetap Trendy Tanpa Worry, Berani Investasi Sejak Kini”.

 

Acara diadakan pada hari Sabtu, 11 November 2023 di Aula Gedung A Kantor Balai Diklat Keuangan Malang, yang dihdiri oleh 54 orang member Komunita Malang. Pembukaan acara diawali dengan sambutan oleh Ketua Komunita Chapter Malang, Yola Puspita Efendi, pihak Perwakilan KLI Kementerian Keuangan, Kak Sigit P.S, dan dibuka oleh Pak Franika Vidy Arif Prasetya selaku Kasi Penyelenggaraan Pembelajaran BDK Malang.

 

Materi Finansial Management disampaikan oleh Bapak Dzulfikar Kharisma (Certified Financial Planner) dari Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Resiko Kemenkeu, dan edukasi financial investment disampaikan oleh Kak Yusril Nuril Ihza dari Profound Global Advisory. Antusias peserta sangat tinggi, terlihat pada sesi Q&A yang banyak ingin bertanya dan berdiskusi lebih lanjut.

 

Sesuai namanya, kegiatan ini merupakan program Komunita Meet Up, sehingga agenda pada hari itu tak hanya sesi penyampaian materi dan diskusi, namun juga bertujuan untuk meningkatkan bonding antar member Komunita. Acara dilanjutkan dengan sesi perkenalan sesama member yang hadir, bertukar ID dan sosial media, membentuk kelompok, dan bermain games secara berkelompok. Keseruan acara semakin terasa ketika sesi games yang diperankan oleh setiap orang dalam kelompok berusaha memindahkan bola dengan karton manila sampai titik yang ditentukan.

 

Semua peserta merasa fun, mendapat ilmu dan pengetahuan baru tantang financial management dan financial investmen, mendapat teman baru, dan puas dengan acara secara keseluruhan. Melalui kegiatan ini diharapkan Komunitans Malang semakin cakap dalam pengaturan keuangan pribadi, semakin meluas relasi, dan semakin antusias dalam mengikuti event-event Komunita kedepannya.

More
Rendahnya tingkat literasi keuangan masyarakat Jawa Barat menjadi alasan Komunita berkolaborasi dengan Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Provinsi Jawa Barat, Komunita Chapter Bandung untuk melaksanakan workshop keuangan khususnya di Bandung Raya. Kegiatan Workshop Pengelolaan Keuangan dengan tema Gaya Hidup Elit, Manage Uang Kok Sulit? Chuaks diadakan pada Sabtu, 2 September 2023 pukul 09.00-13.00 WIB bertempat di Kanwil DJPb Jawa Barat.
October 16, 2023
ORI024 sudah rilis nih. Obligasi Negara Ritel seri 024 ini dapat mulai dibeli 9 Oktober 2023 hingga 2 November 2023. ORI024 menawarkan 2 pilihan produk bagi investor, yaitu ORI024T3 yang memiliki tenor 3 tahun dengan imbalan tetap sebesar 6,10 persen p.a. dan ORI024T6 yang memiliki tenor 6 tahun dengan imbalan tetap sebesar 6,35 persenp.a. Yuk buruan investasi di ORI024.
October 9, 2023
Persoalan sampah telah menjadi salah satu tantangan utama di Indonesia. Pertumbuhan penduduk yang pesat, urbanisasi, dan perubahan pola konsumsi telah mengakibatkan peningkatan volume sampah yang signifikan, dengan lebih dari 7,2 juta ton sampah belum terkelola dengan baik pada tahun 2022. Oleh karena itu, Komunita regional Yogyakarta melalui ingin menstimulasi perubahan dengan mengadakan proyek Ecoparti Indonesia 3 (tiga) mata acara, yakni Focus Group Discussion (FGD), lomba reels IG, dan workshop pembuatan eco enzyme. Proyek ini dilaksanakan pada hari Minggu, 8 Oktober 2023 diikuti oleh 52 orang generasi muda yang berasal dari berbagai komunitas, yakni Komunitas Yogyakarta, Komunitas Gama Cendekia, Komunitas ICCI Universitas Gadjah Mada (UGM), Komunitas Nutrial Inside, Ketua Eco Enzyme DI Yogyakarta, dan Ketua serta Relawan Eco Enzyme Sleman.
October 9, 2023
Makassar adalah kota yang penuh potensi di Sulawesi Selatan, semakin mencuat sebagai pusat pertumbuhan ekonomi di Indonesia Timur. Sementara Anak Muda adalah tulang punggung pembangunan masa depan suatu negara. Untuk mencapai cita-cita mereka dan memenangkan pasar masa depan, anak muda Makassar perlu dukungan yang tepat dari pemerintah. Komunita Regional Makassar mengadakan Meetup Perdana mereka dengan tema Makassar NextGen, Together Win The Future Market yang dilaksanakan pada Jumat, 6 Oktober 2023 di Bikin-Bikin Creative Hub, Nipah Mall Makassar.
October 7, 2023
Kementerian Keuangan mengajak Komunita ikut menyuarakan masukan dan kritik pada kegiatan Komwasjak Mendengar yang diadakan oleh Komite Pengawas Perpajakan Kemenkeu. Berbarengan dengan momentum kegiatan tersebut, diadakan juga kegiatan Komunita Meet Up Regional Medan secara fisik untuk pertama kalinya
May 16, 2023
Komunita mengadakan Kelas Komunita edisi Spesial Ramadhan dengan tema Manage Your Body, Manage Your Money. Kelas ini diadakan pada Sabtu 8 April 2023 pukul 13.00 - 15.00. Hadir sebagai pembicara, Angel Jovi Burhannudin, S.Gz.(Ahli Gizi Clinical Nutrionist) yang berbagi materi seputar sehat dan hemat di bulan puasa dengan gaya hidup seimbang.
April 10, 2023
Komunitans kembali menghadiri Uangkita Talk di Universitas Diponegoro, Semarang. Acara ini diselenggarakan untuk meningkatkan engagement kepada generasi muda sekaligus mendekatkan Kementerian Keuangan pada lingkungan akademisi. Dalam acara ini juga hadir 300 orang mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis serta para staf pengajar. 
March 20, 2023
Komunita turut meramaikan Gebyar UMKM yang dilaksanakan oleh Kanwil DJPb Provinsi Jawa Timur di Area Parkir Gedung Keuangan Negara Surabaya I pada Jumat (17/03).
March 20, 2023
Dalam rangka memperingati Hari Bakti Perbendaharaan 2023, Kemenkeu Satu Wilayah Jawa Barat menyelenggarakan Bazar UMKM 2023 yang turut dihadiri oleh Komunitans Regional Bandung. Bazar UMKM ini dilaksanakan pada hari Minggu, 5 Maret 2023 pukul 07.00-15.00 WIB di Kanwil DJPB Jawa Barat. Pada kesempatan ini Komunitans terlibat sebagai peserta bazar, mempromosikan stan dari para UMKM, dan berkeliling Museum Perbendaharaan.
March 7, 2023